Jika Komodo diakui sebagai 7 keajaiban Dunia

Issue Komodo sudah berhasil menjadi 'VIRAL' di masyarakat, gak cuman Word of Mouth, sosial media, internet, tapi juga masuk pemberitaan, tema seminar, khotbah jumat, Mural, tema iklan, logo sea games, kasus penipuan, provokasi, artikel, materi skripsi, banyak lagi deh pokoknya.. yang mana sebagian besar dari semua issue tsb. adalah ingin menyampaikan dukungannya supaya sikomodo ini di akui dunia dalam segment "popularitas" (walau yang katanya udah ada lembaga dunia yang sudah mengakuinya secara akademik)

update dari yg saya dapatkan di twitter & belum tentu bener adanya..katanya si komodo tsb. udah peringkat 3! wow!! artinya dukungan masyarakat melalui vote sms itu berhasil!! Yeaa!!

tentunya seluruh masyarakat Indonesia bangga jika komodo di akui dunia, artinya perjuangan & pengorbanan masyarakat (buang pulsa) ada hasilnya..

kebanggaan & nasionalisme serta arogansi sebagai bangsa Indonesia semakin tinggi, kita mampu mendeklarasikan bagian dari kekayaan Indonesia di akui secara dunia..

dan setelah itu, apa yang akan terjadi & dilakukan? siapa & apa yang akan di untungkan dalam situasi ini?

saya selalu teringat dengan candi borobudur, mulai dari SD saya mendapatkan informasi bahwa Borobudur adalah bagian dari 5 keajaiban dunia..sampai sekarang jika ada orang atau pertanyaan seputar keajaiban dunia, diotak saya masih tergambar candi Borobudur.. hehehehe

dan apa yang terjadi dengan Borobudur ketika mendapatkan predikat tersebut? yeess! Candi Borobudur menjadi objek wisata terkenal level dunia, Bule - bule berdatangan,Wisatawan domestik pun tak mau kalah,dari berbagai pulau pada dateng untuk berekreasi disana, terutama ketika libur sekolah & study Tour.. bahkan jadi tempat pacaran & foto pre wedding pun di candi borobudur :)(malah ada gossip pernah ada yang ketangkep sedang berbuat mesum di candi itu xixixixixi)

well, artinya.. dari rasa bangga kita & keberhasilan Borobudur menjadi objek wisata yg terkenal secara mendunia, kita (masyarakat yg terlibat,pengurus,pemerintah, dll) tidak siap untuk menerima fenomena tersebut, mungkin saya bisa istilahkan.."kecelakaan efek terkenal" hehehe, saya juga gak ngerti maksudnya apa :P

yang ingin disampaikan adalah, pasca keberhasilannya itu tidak dibarengi dengan visi kedepan.. seolah tidak ada persiapan dari sisi manapun..
al hasil, candi pun tak terawat, stupa2 & bagian dari candi tsb banyak yg di curi..bahkan beredar di pasar gelap khusus mereka orang kaya kolektor barang langka.. & yang celakanya lagi, kita santai-santai aja tuh (gak merasa kehilangan)
yeaaaa!!
intinya, nasib si Candi Borobudur gak jelas aja.. seinget saya, semangat untuk membuat si Candi Borobudur jadi terkenal, hampir mirip dengan si komodo sekarang (walau medianya berbeda)

anyway, balik lagi ke pertanyaan diatas (sebelum cerita si Borobudur)..
- adakah persiapan kita (masyarakat,pihak yg terlibat, pemerintah, siapa aja deh) untuk menjadi terkenal?
- apakah si komodo itu akan bernasib sama dengan candi borobudur?
- apa mungkin, gara gara populeritas banyak pihak yg ingin si komodo tersebut jadi koleksi hewan piaraannya & dipajang di ruang tamu? dan akhirnya punah..

saya sangat tidak mengikuti issue ini, jika ada rekan yang mau berbagi informasi seputar komodo ini, saya akan sangat senang sekali..

so, saya ada ide, gimana kalau kita bikin kompetisi/lomba/bisnis/Project Design Pengelolaan Komodo sebagai bagian dari 7 keajaiban dunia..
yang terpilih, tentu dia akan dapat reward.. dimakan komodo..whahahhahahaa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sajak Bang Ucok :)

find myself joy!